Memilih Webhosting

Aug 11, 2009 by

Murah dan berkualitas. Mungkin itu adalah keinginan dari setiap orang saat ingin memilih penyedia jasa webhosting. Siapa yang tidak mau, mendapatkan jasa webhosting yang murah tetapi berkualitas (uptime 99%, support 1×24 jam dan harganya super murah) ?? Tetapi apakah murah bisa menjadi berkualitas?? yang mahal saja, belum menjamin kualitasnya…lalu bagaimana cara memilih webhosting yang murah dan berkualitas??


Berikut adalah langkah-langkah yang dilakukan sebelum saya memutuskan untuk memilih penyedia jasa webhosting yang saya sewa saat ini :

1. Cari Informasi Sebanyak-banyaknya, kenali calon webhosting Anda.
Kita bisa memulai dari bang google. Ketika bang google menyodorkan banyak sekali webhosting yang tersebar di dunia maya, pelajari satu persatu. Banyak sekali website-website yang me-review penyedia jasa webhosting, termasuk juga me-ranking-nya berdasarkan pilihan pengunjung, nama domain yang terdaftar, dll. Pilih 5 – 10 webhosting untuk memperkecil pencarian. Dari hasil review tersebut, kita sudah bisa menentukan 2 s/d 3 pilihan untuk dipelajari lebih lanjut.

2. Support!! Support!!
Anda sudah bayar, Anda berhak mendapatkan layanan purna jual yang baik!!. Banyak webhosting yang menuliskan jargon ‘Support 24/7’. Tapi kenyataannya null. Banyak sekali pemakai jasa webhosting yang mengeluhkan tentang support yang diberikan oleh penyedia jasa. Saat sedang terjadi masalah, Customer Support susah dihubungi atau bahkan seperti dipimpong dan seakan-akan kejadian itu bukan karena kesalahannya. Informasi layanan purna jual bisa juga kita dapatkan dari review-review yang dilakukan sebelumnya. Lihat komentar-komentar yang ada pada review tersebut. Penyedia jasa yang baik, akan menampilkan informasi customer support dengan jelas, sehingga mudah dihubungi dan memberikan pilihan untuk calon pengguna jasa, kemana mereka dapat dihubungi. Biasanya, mereka menyediakan forum, blog, chat atau support systems untuk mendukung layanan purna jualnya. Oh ya, hati-hati dengan komentar-komentar ‘miring’, karena belum tentu benar adanya.

3. Datacenter
Penyedia jasa hosting, umumnya terdiri dari 2, yaitu penyedia utama dan reseller. Penyedia utama belum tentu mempunyai gedung datacenter sendiri, melainkan menyewa sekian square meter space di datacenter dan mengelola server-server mereka sendiri, tetapi ada juga yang mengelola gedung sendiri.

Reseller umumnya hanya menyewa sebagian dari server atau space harddisk ke penyedia utama. Space harddisk tersebut dijual kembali ke pengguna jasa hosting. Terkadang 1 server mempunyai lebih dari 100 pengguna, atau dikenal juga Shared Hosting. Sama halnya dengan jatah bandwith. Bandwith yang didapat, dibagi-bagi ke 100 pengguna.

Jika ada masalah pada server, penanganannya sedikit lebih lama, karena reseller harus mengontak terlebih dahulu datacenternya.
Jadi, lebih baik mencari webhosting yang mengelola datacenter-nya sendiri.

4. Harga
Hati-hati dengan harga yang ditawarkan. Jika ada pilihan bayar 1.000 per bulan atau bayar 20.000 selama 2 thn, Anda pilih yang mana?? Perhatikan jika ada Promo, baca baik-baik promo yang ditawarkan.

Sekarang, silahkan Anda tentukan webhosting Anda!!

Advertorial :
Saya sudah menggunakan jasa webhosting dreamhost selama kurang lebih 4 tahun. Selama ini, penanganan gangguan mereka sangat cepat sekali. Pertanyaan-pertanyaan ke support selalu dijawab dengan cepat. Dan yang istimewa, saya bisa tahu apa yg sedang terjadi di server farm dreamhost melalui web statusnya yang selalu di update, jadi saya bisa tunjukan ke management / kolega saya, bahwa server sedang dalam perbaikan dan ditangani langsung oleh dreamhost (karena mereka mengelola datacenter sendiri). Oh ya, mereka HIJAU lho!!! Jadi, bagi Anda yang mendukung gerakan stop pemanasan global (global warming), sepertinya cocok disini…

Update :
Kalau Anda mendaftar di dreamhost menggunakan referensi saya, Anda akan mendapatkan diskon sebesar $97 (untuk kontrak 2 thn dengan nilai -/+ $8.95/bulan).

Tentu saja saya akan mendapatkan keuntungan dari pendaftaran tersebut, dan Anda juga bisa mendapatkannya dengan cara yang sama seperti yang saya lakukan, yaitu mereferensikan ke orang lain menggunakan kode referensi Anda!!

Jadi, Anda akan mendapatkan 2 keuntungan ;
1. Space hosting yang besar (lihat disini)
2. Diskon yang besar ($97 off untuk 2 thn pertama)

Related Posts

Share This

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *