HotSpot di MCA : Benarkah??

Jun 24, 2008 by

Masih ingat cerita hotspot di mca?? InsyaAlloh akan terealisasi!! Semoga…

Beberapa bulan lalu, saya pernah mencoba melakukan koneksi ke internet menggunakan dial-up (saluran telpon rumah) tetapi selalu saja gagal saat inisialisasi username dan password. Yep!! tentu saja menggunakan telkomnet!!. Saya sudah coba telpon ke 147 dan dijawab bahwa telkomnet tidak sedang bermasalah. Akhirnya saya menyerah!! memang tidak bisa berinternet ria dari rumah, mau apa lagi??

Selang beberapa hari, saya melewati sentral wireless local loop (WLL) telkom yang terletak di lapangan bola dikomplek perumahan saya. Ahhh…saya baru ingat!! sentral WLL tersebut memang ditujukan untuk daerah yang belum tersentu oleh jaringan kabel utama telkom!! Dan telkom mendirikan WLL tersebut untuk mengakomodir perumahan-perumahan atau daerah-daerah yang belum ada infrastruktur telkom, tetapi permintaan penyambungan baru saluran telpon sangat banyak (CMIIW). Yup! dulu sekali, komplek perumahan saya belum dilewati atau belum ada infrastruktur telkom.

Lalu saya mulai bertanya-tanya ke beberapa teman, mengenai komunikasi data menggunakan WLL, intinya kenapa saat melakukan koneksi internet menggunakan telkomnet, selalu saja gagal menginisialisasi username dan password. Kata teman saya, betul atau tidak, saat mengirim data, data tersebut dibungkus oleh protokol WLL *duh…bahasanya tinggi banget*. Nah, saat data tersebut diterima, bungkusan WLL tidak dapat diurai oleh server tujuan, sehingga terdapat karakter-karakter yang mengikuti username dan password. Walhasil, dianggap tidak sah. Benar atau tidak, tetapi masuk akal juga penjelasannya :D. Dan ternyata setelah saya konfirmasi ke 147 dan menceritakan kalau di tempat saya menggunakan WLL, operator yang berbicara dengan saya mengatakan kalau memang benar koneksi melalui WLL tidak dapat menggunakan telkomnet. Ah…sungguh amat disayangkan. Tetapi biar lah…

Beberapa bulan kemudian, saat speedy sedang gencar-gencarnya, saya juga mencari informasi apakah nomor telpon dengan prefix 806 sudah di’lewati’ speedy, baik dari websitenya maupun 147. Dan ternyata belum bisa…ahh…akhirnya, saya cuma bisa bermimpi untuk dapat berinternet ria di rumah. Padahal angan-angan ini sudah sedemikian besarnya, mengajarkan ‘dunia Luna maya’ kepada Istri tercintah dan anak-anak.

Dan…beberapa hari yang lalu, seorang tetangga saya mendatangi saya. Rupanya dia ingin berkonsultasi mengenai internet; gimana caranya, pake apa dst…dst. Dan…ternyata dia sudah ditawari oleh, sebut saja vendor, untuk memasang speedy. Saya hampir tidak percaya. Lalu saya tegaskan lagi, ‘Apa benar prefix 806 sudah dilewati speedy?’. Dan…ternyata setelah dikonfirmasi ke si vendor tersebut, bahkan sempat saya disambungkan dengan beliau melalui telpon, mengatakan bahwa sudah bisa.

Hmmm…angin segar?? yup!! kita lihat saja…semoga mimpi ini menjadi kenyataan… 😉

Related Posts

Share This

4 Comments

  1. Sumpe lo??Hehe.. Aq mlh udah kepikiran psg telkomsel flash ae.3G daerah MCA lumayan ok & trafficnya ga gt rame

  2. silly

    speedy bukannya wireline? emang bisa dipasang untuk daerah yang pakewireless telkom?

    • Nah itu dia, Oom… (eh, Oom apa tante nih?? 😀 ), tapi si ‘vendor’nya ini bilang kalo gak bisa, akan dicarikan jalan keluar. Ya kita tunggu aja deh, jalan keluarnya apa. Paling narik drop wire dari jalan utama masuk ke perumahan saya, hehehehe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *