Restore Posting Lama

Jun 18, 2007 by

Hari ini, saya mencoba untuk me-restore tulisan-tulisan yang pernah saya buat di rumah yang lama. Pertimbangan restoring tulisan lama adalah agar saya tidak kehilangan tulisan-tulisan tersebut, yang mungkin dapat berguna, minimal buat diri saya sendiri.

Sebelum melakukan restore data, hal yang harus diperhatikan adalah :

  • Harus mempunyai backup data mysql
  • Pengetahuan tentang database MySQL
  • Pengetahuan tentang phpMyAdmin
  • Siapkan mental jika terjadi suatu hal yang tidak inginkan!

Pertama-tama, saya mengidentifikasi apakah ada perbedaan-perbedaan yang signifikan antara versi wp dirumah yang lama dengan versi wp dirumah yang baru. Yang harus diperhatikan adalah perbedaan tabel-tabel, karena ini akan berpengaruh kepada tautan-tautan posting, comments, category dlsb. Setelah diteliti, ternyata tidak ada perbedaan, karena masih menggunakan satu varian versi, yaitu wp 2.x.x.

Berikutnya adalah identifikasi sebanyak apa saya sudah melakukan posting pada rumah yang baru. Hal ini dilakukan agar dapat diketahui seberapa banyak tulisan yang mempunyai ID sama antara rumah baru dengan data yang lama. Karena proses restoring yang saya lakukan dikerjakan setelah rumah baru ini terisi, maka secara otomatis akan ada banyak sekali ID yang sama. Bahkan hampir disemua tabel. Ok, saya tidak akan ambil pusing (not recommended) dengan semua itu. Yang saya butuhkan adalah tulisan-tulisan (ada pada tabel wp_posts) serta komentar-komentar (wp_comments). Tabel yang ikut terpengaruh adalah wp_post2cat.

Hal berikutnya adalah dilakukan secara manual dengan menggunakan aplikasi text editor. Saya harus melakukan sinkronisasi ID pada ke 3 tabel diatas, dengan referensi tabel wp_comments pada rumah yang baru. Pada rumah yang baru, saya sudah melakukan posting sebanyak 9 kali (dapat dilihat di phpmyadmin), record terakhir adalah ID dengan nilai 9. Sekarang pertanyaannya adalah, apakah saya akan mengorbankan data saya dari rumah yang lama (sebanyak 9 data) hilang, atau mempertahankannya??

Jika mempertahankannya, maka saya harus membuat ID baru untuk 9 tulisan dari rumah lama atau memundurkan ID sebanyak 9 poin. Hal ini juga harus dilakukan pada 2 tabel yang terkait, agar tautannya tetap terjaga. Akhirnya saya memilih untuk mengorbankan 9 tulisan yang lama, karena setelah dilihat, tulisan tersebut tidak begitu penting. Lalu agar tidak dibuat pusing, saya juga mengorbankan beberapa comment serta melakukan penghapusan data pada tabel wp_comments dan wp_post2cat, agar tautan yang ada tidak berantakan.

Terakhir, dengan menggunakan phpmyadmin, hasil editan pada ke 3 tabel diatas, saya jalankan satu persatu pada query editor. Dan hasilnya…

Ternyata masih ada komentar yang tidak pada tempatnya!! hahaha…secara melakukan edit manual dengan menggunakan text editor adalah pekerjaan yang menyebalkan, akhirnya ya sudah…terserah si komentar itu… 😀 yang penting, tulisan lama saya sudah kembali, meskipun bukan pada tempatnya (baca : kategorinya tidak sesuai).

Catatan :
Langkah diatas tidak direkomendasikan!!! Jika ingin melakukan restoring data, disarankan pada tempat yang masih kosong, sehingga semuanya bisa tampil seperti yang dikehendaki!.

Related Posts

Tags

Share This

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *