foreach()

May 5, 2007 by

Hari ini dipusingkan oleh sintak foreach() -nya PHP. Module pagination/paging tiba-tiba tidak berfungsi seperti biasanya. Keluaran (output/return) nilai yang seharusnya angka, tiba-tiba mengeluarkan kata array.

Module pagination/paging ini fungsinya sebagai navigasi halaman, jika query ke database melebihi nilai yang sudah ditentukan, untuk ditampilkan pada halaman berikutnya, dengan memberikan nomor halaman serta link-nya.

Ternyata, sintak foreach() yang seharusnya menghasilkan nilai dari element, ternyata menghasilkan object array kembali. Fungsi foreach sendiri adalah untuk merincikan/memecah array. Lalu kenapa return value-nya menghasilkan array juga??


foreach (array_expression as $value)
statement
foreach (array_expression as $key => $value)
statement

The first form loops over the array given by array_expression. On each loop, the value of the current element is assigned to $value and the internal array pointer is advanced by one (so on the next loop, you’ll be looking at the next element).

Sintak yang saya pakai, menggunakan contoh pertama. Seharusnya, nilai yang dikembalikan adalah $value dari array. Ternyata nilai yang dikembalikan juga array.

Saya coba di webserver lain, dan fungsi paging ini bekerja seperti yang diharapkan. Kenapa di komputer saya tidak?? Kecurigaan saya menuju kepada setting webserver (PHP dan Apache). Tetapi saya belum juga menemukan penyebab itu semua. duh…mana dikejar deadline… 🙁

Akhirnya, saya menggunakan contoh yang ke 2, dan ternyata berhasil. Berhubung sang deadline sudah mengejar, masalah ini saya jadikan PR dahulu. Yang penting, fungsi sudah bekerja seperti yang diharapkan…

ahh…

Related Posts

Tags

Share This

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *