FC 4 : LINUX-NTFS

Aug 16, 2005 by

Setelah FC4 terinstall, sekarang yang harus dilakukan adalah mengusahakan bagaimana caranya agar FC dapat membaca format system NTFS di harddisk saya. Pada saat memakai RH9, untuk membaca format system NTFS, saya menggunakan Linux-NTFS. Dan sepertinya, sekarang juga saya akan memakai itu, hanya merubah versinya saja, karena kernel linux yang dipakai pada FC4 sudah berbeda dengan RH9.

Ulasan detail mengenai proses instalasi Linux-NTFS dapat dibaca pada halaman instructions. Cara melakukan instalasinyapun tersedia pada tute tersebut. Saya memilih untuk mengikuti langkah-langkah yang tersedia pada halaman instruction diatas. Hitung-hitung membiasakan diri dengan perintah-perintah linux pada console.

Sekarang, FC4 sudah bisa membaca systems NTFS. Namun, sepertinya saya harus mengulang langkah-langkah diatas, karena saya berencana mau meng-upgrade kernel di FC4 saya dengan versi 2.6.12-1.1398, thus, Linux-NTFS-nya juga harus diganti, mengikuti versi kernel linux-nya.

Sayang, Linux-NTFS tidak merekomendasikan fungsi menulis pada system NTFS melalui Linux. Terlalu beresiko, katanya. Ah…semoga pada versi yang akan datang, sudah bisa untuk baca-tulis!!

Related Posts

Tags

Share This

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *